Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Peluncuran Program Indonesian Embassy Day untuk Lebih Mengenalkan Indonesia Kepada Masyarakat Kanada

KBRI Ottawa telah meluncurkan program “Indonesian Embassy Day” selama tahun 2015, sebagai salah satu upaya KBRI Ottawa untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada warga negara Kanada dan warga asing lainnya yang ada di Kanada.  Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk membuka peluang yang lebih besar bagi Indonesia untuk menarik para wisatawan Kanada dan para pengusaha yang berminat untuk menjalin kontak dagang dengan Indonesia.  Kegiatan ini juga ditujukan untuk memperluas jejaring kerja KBRI dengan mitra di Kanada.

Konsep kegiatan adalah memperkenalkan Indonesia secara utuh kepada publik di Kanada, mulai dari posisi gegrafis Indonesia, potensi ekonomi dan perdagangan, sektor pariwisata, serta seni dan budaya. Kegiatan bersifat terbuka, namun tetap memperhatikan aspek-aspek keamanan melalui mekanisme reservasi terlebih dahulu, pemeriksaan tanda pengenal dan pengawasan selama kegiatan berlangsung.

Duta Besar Teuku Faizasyah, Duta Besar Mihailo papazoglu (Serbia) dan Duta Besar Koviljka Spiric (Bosnia Herzegovina) Indonesian Embassy Day, Ottawa, 21 Januari 2015

Para Penjaga Stand Indonesian Embassy Day Indonesian Embassy Day, Ottawa, 21 Januari 2015

Kegiatan perdana “Indonesian Embassy Day” tersebut telah dimulai pada hari Rabu, tanggal 21 Januari 2015, bertempat di Ruang Caraka, KBRI Ottawa.   Acara yang dimulai pukul 11:00 – 14:00 waktu setempat tersebut diisi dengan acara pameran dan workshop.  Beberapa stand/paviliun yang ditampilkan selama kegiatan, antara lain: alat-alat musik tradisional Indonesia (Gamelan Jawa, Gamelan Bali, Kolintang dan Angklung), proses pembuatan Batik, karya akhir batik dan tenunan dari berbagai daerah, wayang (kulit dan wayang orang), Stand Pariwisata dan produk-produk Indonesia yang telah  ada di pasar Kanada. Workshop yang dilakukan adalah pengenalan dan cara memakai pakaian adat Jawa Tengah (Sorjan dan kebaya Kartini).

Pengunjung Mencoba Musik Gamelan Indonesian Embassy Day, Ottawa, 21 Januari 2015

Pengunjung Memperhatikan dari Dekat Alat Musik Angklung Indonesian Embassy Day, Ottawa, 21 Januari 2015

Duta Besar Naif Bin Bandir Alsundairy (Arab Saudi) dan Duta Besar Pisan Manawapat (Thailand) Indonesian Embassy Day, Ottawa, 21 Januari 2015

Para pengunjung terkesan dengan kegiatan tersebut dan secara aktif terlihat ingin mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia. Hal ini juga terlihat dari survey yang dibuat oleh KBRI Ottawa secara interaktif, melalui pertanyaan singkat dan diakhir survey, para pengunjung diberikan cindera mata khas Indonesia.

KBRI telah mendapatkan konfirmasi kehadiran beberapa sekolah di Kanada, khususnya di Kota Ottawa, yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini.  Sebagai informasi, setiap sekolah di Kanada memiliki kegiatan ekstra kurikuler dalam rangka mengenal lebih dekat kondisi lingkungan luar sekolah, yang dilakukan secara berkesinambungan.

Khusus untuk kegiatan workshop, KBRI mengambil tema yang berbeda untuk setiap edisi kegiatan “Indonesian Embassy Day” guna memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para pengujung untuk mengenal berbagai aspek kebudayaan di Indonesia (pakaian daerah, tarian nusantara, gamelan, membatik, pembelajaran bahasa Indonesia, dll). (Sumber: KBRI Ottawa/FS)