Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Memperkenalkan Indonesia kepada Masyarakat Kanada melalui Kegiatan Indonesian Embassy Day

Pada tanggal 18 Februari 2015, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa kembali melaksanakan “Indonesian Embassy Day”.  Kegiatan kali ini mengedepankan tema utama musik tradisional dan sektor pariwisata Indonesia. Acara yang dimulai pukul 11:00 – 14:00 waktu setempat tersebut diisi dengan acara pameran dan permainan musik gamelan Jawa dan pemutaran video-video pariwisata Indonesia.

Musik gamelan Jawa yang dimainkan secara langsung oleh para staf KBRI Ottawa diawal acara telah memikat para pengunjung yang hadir.  Lagu Lancaran Udan Mas dan Jaranan dimainkan secara apik dan kompak. Setelah pertunjukan musik gamelan Jawa tersebut, para pengunjung diperkenankan untuk mengenal lebih dekat alat musik tradisional Indonesia itu, bahkan beberapa pengunjung turut mencoba memainkan alat musik dengan panduan dari para pemain gamelan.

Para pengunjung diberi kesempatan untuk meninjau berbagai stand/paviliun yang secara spesifik memperkenalkan Indonesia secara lebih utuh, yaitu: alat-alat musik tradisional Indonesia (Gamelan Jawa, Gamelan Bali, Kolintang dan Angklung), proses pembuatan Batik, karya akhir batik dan tenunan dari berbagai daerah, wayang (kulit dan wayang orang), Stand Pariwisata dan perdagangan serta produk-produk makanan Indonesia yang telah  ada di pasar Kanada.  Diakhir sesi kunjungan, para pengunjung berkesempatan menonton bersama video-video pariwisata Indonesia dengan disuguhi minuman teh Indonesia dan berbagai makanan kecil/snack Indonesia lainnya yang telah dipasarkan di Kanada.

Duta Besar Teuku Faizasyah dan Ibu Andis Faizasyah bersama para pemain gamelan Indonesian Embassy Day, Ottawa, 18 Februari 2015

Para Pengunjung Turut Memainkan Alat Musik Gamelan Indonesian Embassy Day, Ottawa, 18 Februari 2015

 

Para Pengunjung Menyaksikan Permainan Gamelan Jawa pada Indonesian Embassy Day, Ottawa, 18 Februari 2015

Pengunjung Memperhatikan dengan seksama penjelasan Staf KBRI Ottawa mengenai Alat Musik Kolintang Indonesian Embassy Day, Ottawa, 18 Februari 2015

Para Pengunjung Menyaksikan Video-Video Pariwisata Indonesia pada Indonesian Embassy Day, Ottawa, 18 Februari 2015

Berbeda dengan edisi pertama pada bulan Januari yang dikunjungi lebih banyak oleh kalangan diplomatik, Indonesian Embassy Day kali ini dikunjungi oleh masyarakat Kanada dari berbagai kelompok, yakni calon wisatawan yang akan berkunjung ke Indonesia, para staf pengajar lembaga bahasa di Kementerian Luar Negeri Kanada, wartawan, mahasiswa dan event organizer.

Kegiatan “Indonesian Embassy Day” diprogramkan oleh KBRI Ottawa selama tahun 2015, sebagai salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada warga negara Kanada dan warga asing lainnya yang ada di Kanada. Konsep kegiatan adalah memperkenalkan Indonesia secara utuh kepada publik di Kanada, mulai dari posisi geografis Indonesia, potensi ekonomi dan perdagangan, sektor pariwisata, serta keberagaman seni dan budaya.  Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk membuka peluang yang lebih besar bagi Indonesia untuk menarik para wisatawan Kanada dan para pengusaha yang berminat untuk menjalin kontak dagang dengan Indonesia.  Kegiatan ini juga ditujukan untuk memperluas jejaring kerja KBRI dengan mitra di Kanada. (Sumber: KBRI Ottawa/FS)