Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Kunjungan Kerja Duta Besar RI ke Edmonton, Provinsi Alberta

Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah beserta Duta Besar Negara Anggota ASEAN di Ottawa yang tergabung dalam ASEAN Committee in Ottawa (ACO), pada tanggal 11 – 13 Maret 2015, melakukan kunjungan kerja ke kota Edmonton, Provinsi Alberta, Kanada dalam rangka memenuhi undangan Premier Provinsi Alberta, Mr. Jim Prentice.

Tujuan kunjungan adalah untuk meningkatkan dan menjajaki kerja sama dan peluang-peluang ekonomi antara Provinsi Alberta dengan Negara-negara ASEAN. Kunjungan tersebut selain memberikan berbagai informasi mengenai potensi Provinsi Alberta juga telah memberikan kesempatan bagi para Duta Besar ACO untuk bertemu dengan sejumlah Menteri Provinsi Alberta dan berbagai representatif lainnya dari kalangan pemerintah, pengusaha, maupun kelompok-kelompok budaya.

Photo 1: (kiri ke kanan) KUAI Kedubes Brunei Darussalam, Mr. Sukri Sharbini; Duta Besar designate Thailand, H.E Vijavat Isarabhakdi; Duta Besar RI, Dr. T. Faizasyah; Premiere of Alberta, Mr. Jim Prentice; Duta Besar Filipina, H.E. Petronela Garcia; dan Duta Besar VietNam, H.E. To Anh Dung. (Sumber : Dok. KBRI Ottawa)

Duta Besar Faizasyah, dalam kunjungan kerja ini telah menyampaikan pentingnya upaya bersama untuk meningkatkan pemahaman (awareness) mengenai terdapatnya beragam potensi kerja sama ekonomi di antara ASEAN dan Kanada. Indonesia dalam hal ini menyambut baik penjajakan kerja sama, khususnya melalui pemanfaatan berbagai teknologi unggul Kanada baik dalam sektor energi, infrastruktur, serta mendorong terwujudnya kerja sama di bidang pendidikan melalui kerja sama riset antar perguruan tinggi, pertukaran mahasiswa dan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk studi di Provinsi Alberta. Dalam bidang perdagangan, diharapkan kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dan Provinsi Alberta sehingga dapat meningkatkan volume perdagangan yang saling menguntungkan.

Selama kunjungan kerja tersebut, para Duta Besar ACO melaksanakan serangkaian kegiatan, antara lain roundtable discussion dengan Speaker of the Legislative Assembly of Alberta, The Honorable Gene Zwozdesky; melakukan kunjungan lapangan ke TEC-ED (Technology, Entrepreneurship and Company Development – Edmonton) dan Startups Edmonton – yang merupakan business incubators Provinsi Alberta; kunjungan ke University of Alberta, serta mengunjungi beberapa fasilitas perusahaan Alberta Innovates Technology Futures di Vegreville, Sehll Scotford dan Alberta Industrial Heartland.

Perhatian Provinsi Alberta terhadap potensi kawasan Asia Tenggara tercermin dengan dengan dibukanya kantor perwakilan Provinsi Alberta (Alberta Singapore Office) pada Kedutaan Besar Kanada di Singapura.

ACO merupakan forum kepala-kepala perwakilan Negara-negara ASEAN di Ottawa yang berdiri tahun 1978 guna mempromosikan ASEAN di Kanada.  Saat ini Negara Anggota ASEAN yang memiliki perwakilan di Ottawa adalah Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. (Sumber: KBRI Ottawa/DA)