Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Memperkenalkan Indonesia kepada Masyarakat Kanada melalui Tari Sumatera, Rantak

Pada tanggal 20 Mei 2015, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa kembali melaksanakan “Indonesian Embassy Day”.  Kegiatan Indonesian Embassy Day kali ini merupakan edisi kelima dengan mengusung tema “Sumatera Dances”. Acara yang berlangsung pukul 11:00-14:00 waktu setempat tersebut diawali dengan kunjungan ke berbagai anjungan yang menampilkan ikon-ikon Indonesia seperti alat-alat musik tradisional Indonesia (gamelan Jawa, gamelan Bali, kolintang dan angklung), proses pembuatan batik, karya akhir batik dan tenun dari berbagai daerah, serta wayang kulit dan golek serta produk-produk makanan Indonesia yang sudah masuk pasar Kanada. Pameran juga dilengkapi dengan stan informasi tempat-tempat wisata dan perdagangan Indonesia serta promosi Trade Expo 21-25 Oktober 2015.

Pada acara puncak Indonesian Embassy Day, para pengunjung disajikan Tari Rantak (Minangkabau), yang dilanjutkan dengan kegaitan workshop atau pelatihan bersama gerakan-gerakan tari rantak tersebut, dibimbing oleh staf KBRI Ottawa.  Di akhir acara, para pengunjung diberikan kesempatan mencicipi produk kopi Indonesia yang telah memasuki pasar Kanada dan kue khas Indonesia, bika Ambon.

Workshop Tari Rantak Bersama Para Pengunjung Indonesian Embassy Day, Ottawa, 20 Mei 2015

Edisi kelima “Indonesian Embassy Day” dikunjungi oleh masyarakat Kanada dari berbagai kelompok, yakni calon wisatawan yang akan berkunjung ke Indonesia, para staf Kementerian Luar Negeri Kanada yang akan bertugas di Indonesia dan pengajar  bahasa Indonesia di Kementerian Luar Negeri Kanada, kalangan diplomatik, dan Friends of Indonesia.

Pengunjung terkesan dengan penampilan Tari Rantak yang dibawakan oleh staf KBRI Ottawa.  Kegiatan workshop tari rantak, juga menjadi perhatian tersendiri bagi para pengunjung karena secara langsung dapat mempelajari gerakan-gerakan dasar tari tersebut, yang juga dikenal sebagai gerakan dasar pencak silat. (Sumber: KBRI Ottawa/FS)