Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Kedutaan RI di Kanada ‘Memindahkan’ Bali ke Ottawa

TEMPO.CO, Ottawa – Festival Seni bertajuk ‘’Bali in Ottawa: Indonesian Festival 2015’’ berlangsung meriah pada Sabtu (13/6). Lebih dari seribu orang mengunjungi festival yang digelar halaman Kedutaan Besar RI itu. Berbagai tarian tradisional dan musik dangdut ditampilkan di atas panggung. Kelompok pemain rebana dari Montreal (sekitar 200 kilometer dari Ottawa) turut meramaikan acara. Puncak acara adalah pertunjukan berbagai tari Bali selama hampir 2 jam nonstop. Para penari diiringi oleh gamelan hidup ‘’Swara Winangun’’, kelompok gamelan Bali yang seluruh anggotanya adalah orang-orang Kanada.

Sesuai tema festival, halaman KBRI disulap hingga bernuansa Bali. Berbagai ornamen khas pulau Dewata bertebaran di sana sini. Persis di pintu masuk, berdiri kokoh Gerbang Bentar. Lalu, di sepanjang dinding gedung KBRI yang megah berjajar foto-foto tentang Bali yang berukuran raksasa. Ada pula patung-patung para raksasa yang bersarung kotak-kotak dan berkalungkan bunga. Lengkap dengan bau semerbak dupa.

Kemeriahan festival diwarnai sajian kuliner tradisional khas Indonesia. Sebanyak 19 vendor berjajar menyajikan aneka makanan, mulai gudeg komplit, siomay, mi ayam, sate, sampai es teler.

Festival ini merupakan pameran tahunan yang digelar KBRI Ottawa. Khusus untuk tahun ini, tema utama yang dipilih adalah ‘’Bali in Ottawa’’. ‘’Kali ini kami menampilkan Bali. Insha Allah kami akan menampilkan tema daerah Indonesia lainnya di tahun-tahun yang akan datang,’’ tutur Duta Besar Indonesia untuk Kanada Dr. Teuku Faizasyah.

Festival semacam ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pengetahuan masyarakat Kanada mengenai Indonesia. ‘’Ini merupakan bagian dari langkah kita untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Kanada, serta mengundang investasi dan wisatawan Kanada ke Indonesia,’’ tutur diplomat karir lulusan Universitas Waikoto (Selandia Baru) ini.

Kedutaan berharap dengan festival ini hubungan Indonesia – Kanada terus meningkat. Saat ini, hubungan perdagangan kedua negara berjalan baik. Volume perdagangan Indonesia – Kanada mencapai US$ 3,2 milyar (2014). Kanada memperoleh surplus sekitar US$ 450 juta. Menurut data data Statistics Canada tahun 2013, investasi Kanada di Indonesia mencapai CAD 3,2 milyar. Sebanyak 60 ribu warga Kanada berwisata ke Indonesia (2014).

K Candra Negara – Ottawa

Sumber: Tempo – www.tempo.co