Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Penandatangan MOU Kerja Sama Pendidikan Antara Kementerian Agama RI Dengan Universitas Ottawa dan Universitas Mcgill

Delegasi Kementerian Agama RI, yang dipimpin oleh Prof. Dr. Phil Komaruddin Amin, Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama telah melakukan kunjungan kerja ke Kanada, 26  Mei – 2 Juni 2015.  Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melanjutkan pembahasan beberapa naskah MoU Kerja Sama Pendidikan dengan beberapa Perguruan Tinggi di Kanada, antara lain: Universitas British Columbia (Vancouver), Universitas Ottawa (Ottawa), Universitas McGill (Montreal) dan Universitas Concordia (Montreal).  Kerja sama pendidikan diharapkan menjadi salah satu instrumen untuk mendukung program “5.000 Doktor” di lingkungan Kementerian Agama RI selama 5 tahun ke depan, yang telah dicanangkan pada bulan Desember 2014.

Dalam kesempatan kunjungan, telah berhasil dirampungkan pembahasan dan penandatanganan MoU kerja sama, masing-masing dengan Universitas Ottawa di Ottawa pada tanggal 28 Mei 2015 dan Universitas McGill di Montreal pada tanggal 1 Juni 2015. Secara umum, MoU tersebut berisikan kesepakatan kedua belah pihak untuk bekerja sama: pelaksanaan program pendidikan doktor bagi pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian  Agama RI, penyelenggaraan seminar/ceramah/diskusi, pelatihan bahasa Inggris, riset bersama, dan penyusunan publikasi besama.

Penandatanganan MoU oleh Prof. Dr. Phil Kamaruddin, Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag RI dan Mr. Gary Slater (Associate Vice-President Academic, Universitas Ottawa), Ottawa, 28 Mei 2015

Penandatanganan MoU oleh Ms. Rose Goldstein (Vice-Principal for Research and International Relations), McGill University, Montreal, 1 Juni 2015

Penandatangan MoU ini, menambah dan memperluas spektrum kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Kanada. Beberapa MoU kerja sama pendidikan yang juga pernah dilakukan dengan institusi pendidikan di Kanada, antara lain: Kementerian Kesehatan RI– John Abbott College (2012), Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung – John Abbott College (2012), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta- John Abbott College (2012),  Kementerian Sosial RI – McGill (2014).  (Sumber: KBRI Ottawa/ F.S)