Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Pameran lukisan bertajuk Indonesia on Canvas

Pada tanggal 16 September 2015, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ottawa menyelenggarakan pameran lukisan pada kegiatan Indonesian Embassy Day edisi September 2015. Pameran bertajuk Indonesia on Canvas memamerkan seni lukis surrealisme hasil karya Icha Setiawan, Diaspora Indonesia yang berdomisili di Montreal, Kanada.

Sebanyak 20 lukisan yang dipamerkan,  dikerjakan Icha sejak tahun 1995 hingga sekarang, di antaranya Ramayana Dance, Borobudur Fame I – VI, Barong & Rangda Dance, Rangda, Barong, Bali Dance, Old Mask Dance, Matahari Terbenam di Bali dan Legong Dance.

Lukisan tersebut menunjukkan bahwa  Indonesia memiliki kekayaan dan keanekaragaman seni dan budaya yang luar biasa, mulai dari seni pahatan dan ukiran, hingga lukisan.  Melalui penyelenggaraan pameran karya seni para pengunjung dapat mengetahui dan memahami budaya Indonesia.

Live Painting oleh Icha Setiawan pada Indonesian Embassy Day

Pada saat pameran juga diadakan peragaan membuat sketsa gambar sebelum menjadi lukisan yang sempurna.

Para pengunjung sangat antusias, dengan lukisan-lukisan yang dipamerkan.

Pameran ini merupakan pameran lukisan pertamanya dilaksanakan di Ottawa, namun bukan yang pertama kalinya di Kanada. Sebelumnya Icha Setiawan sering ikut pameran lukisan di Montreal, Kanada.

Pameran ini juga merupakan momen yang sangat penting bagi KBRI melakukan promosi Trade Expo Indonesia ke 30 di Indonesia tanggal 21 – 25 Oktober 2015. (Sumber: KBRI Ottawa/FMS)