Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Penampilan Gamelan Jawa oleh Staf KBRI Ottawa pada Indonesian Embassy Day, edisi Oktober 2015

Pada hari Rabu, 21 Oktober 2015, KBRI Ottawa menyelenggarakan Promosi Budaya Indonesia pada kegiatan Indonesian Embassy Day dengan mempertunjukkan Gamelan Jawa yang dimainkan oleh Staff KBRI Ottawa. Kegiatan Indonesian Embassy Day edisi Oktober, yang dilaksanakan di Ruang Caraka Nusantara, KBRI Ottawa, mengusung tema The Sound of Javanese Gamelan.  Kegiatan diawali dengan kunjungan ke berbagai anjungan yang menampilkan ikon-ikon Indonesia seperti alat-alat musik tradisional Indonesia (gamelan Jawa, gamelan Bali, kolintang dan angklung), proses pembuatan batik, karya akhir batik dan tenun dari berbagai daerah, serta wayang kulit dan golek. Pameran juga dilengkapi dengan stan informasi tempat-tempat wisata dan produk-produk makanan Indonesia yang sudah masuk pasar Kanada. Kegiatan “Indonesian Embassy Day” ini dibuka untuk umum dan dihadiri berbagai kalangan masyarakat Kanada yang berada di Ottawa, beberapa tamu wakil pemerintah setempat dan Perwakilan Asing yang ada di Kanada.

Acara puncak diisi dengan presentasi singkat mengenai Gamelan Jawa kemudian dilanjutkan dengan Workshop Gamelan. Para pengunjung sangat antusias dengan Workshop yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mencoba memainkan gamelan. Di akhir acara, para pengunjung diberikan kesempatan mencicipi kue-kue khas Indonesia sebagai bagian dari promosi kulinari Indonesia.

Kegiatan “Indonesian Embassy Day” dilaksanakan oleh KBRI Ottawa secara rutin setiap bulan sekali selama tahun 2015, sebagai salah satu upaya KBRI Ottawa untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada warga masyarakat yang berada di Kanada.   Konsep kegiatan adalah memperkenalkan Indonesia secara lengkap kepada publik di Kanada, mulai dari posisi geografis Indonesia, potensi ekonomi dan perdagangan, sektor pariwisata, kuliner serta seni dan budaya.  Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk membuka peluang yang lebih besar bagi Indonesia untuk menarik para wisatawan Kanada dan para pengusaha yang berminat untuk menjalin kontak dagang dengan Indonesia. Tema utama setiap kegiatan dibuat berbeda untuk memberikan perspektif baru terhadap Indonesia dan memancing animo para pengunjung. (Sumber: KBRI Ottawa/FMS)