Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Batik Merupakan Kekayaan Budaya Indonesia

KBRI Ottawa kembali menyelenggarakan Promosi Budaya Indonesia melalui kegiatan Indonesian Embassy Day, edisi Desember pada Hari Rabu tanggal 16 Desember 2015 di Ruang Caraka Nusantara, KBRI Ottawa. Kegiatan Indonesian Embassy Day kali ini mengangkat tema Indonesian Batik.

Kegiatan diawali dengan presentasi mengenai Batik Indonesia oleh Ibu Mariana, Pengusaha Batik asal Blora, Jawa Tengah. Disampaikan bahwa Batik merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Dulu batik hanya pantas digunakan pada kesempatan tertentu saja, seperti untuk upacara adat, pada saat pernikahan, atau acara – acara resmi. Sekarang penggunaan batik semakin meluas, bahkan semakin banyak orang yang mengenakan batik dalam berbagai kesempatan dan waktu..

Makna batik sebagai identitas mengalami pergeseran dari lingkup daerah ke lingkup nasional, bahkan internasional. Misalnya, batik menunjukkan identitas orang Indonesia, batik juga berkolaborasi dengan material lainnya sehingga unsur tradisional menjadi modern. Dari baju bergeser ke interior, bahkan kini bergeser ke produk kreatif, seperti tas, kipas, sepatu, dasi, produk rumah tangga dan sebagainya.

Batik sebagai identitas dan warisan budaya bangsa Indonesia, diakui oleh UNESCO  sebagai “Intangible Cultural Heritage of Humanity” dan pada 2 Oktober 2009. Pemerintah Indonesia telah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Selain presentasi mengenai Batik Indonesia, Indonesian Embassy Day juga memamerkan ikon budaya khas Indonesia antara lain wayang kulit, alat music gamelan, kolintang, angklung, kerajinan tangan Indonesia dan produk-produk Indonesia yang sudah masuk Kanada. Sebagai bagian dari promosi kulinari Indonesia, pengunjung juga dapat menikmati makanan khas Indonesia, Pecel dan Kripik Singkong serta Teh Sosro. Di akhir acara, para pengunjung diberikan kesempatan mendapatkan lucky draw berbagai macam produk batik Indonesia.

Kegiatan “Indonesian Embassy Day” ini dibuka untuk umum dan dihadiri berbagai kalangan masyarakat Kanada, diaspora Indonesia di Ottawa, dan beberapa tamu wakil pemerintah setempat serta Perwakilan Asing yang ada di Kanada.

Para pengunjung menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan Indonesian Embassy Day yang edukatif dan menarik. Kegiatan Indonesian Embassy Day telah memberikan pengetahuan mengenai Indonesia khsusnya Batik Indonesia.

Kegiatan “Indonesian Embassy Day” dilaksanakan oleh KBRI Ottawa secara rutin setiap bulan sekali selama tahun 2015, sebagai salah satu upaya KBRI Ottawa untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Kanada. Konsep kegiatan adalah memperkenalkan Indonesia secara lengkap kepada publik di Kanada, mulai dari posisi geografis Indonesia, potensi ekonomi dan perdagangan, sektor pariwisata, kuliner serta seni dan budaya. (Sumber: KBRI Ottawa/FMS)