Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Kado Istimewa Peringatan HUT RI ke-71 dari Pemerintah Kanada

Pada tanggal 17 Agustus 2016, bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-71, Duta Besar RI, warga Indonesia dan staf kedutaan menghadiri seremoni Changing of the Guard yang berlangsung di Parliament Hill, Ottawa, memenuhi undangan Pemerintah Kanada.

Seremonial pergantian pasukan jaga ini unik  dan telah dilaksanakan sejak tahun 1959. Secara tradisi, seremoni ini hanya dilakukan di tanggal dan bulan yang berbeda di setiap musim panas. Namun untuk tahun ini, seremoni tersebut kembali dilaksanakan tepat di tanggal 17 Agustus, di hari di mana seluruh Warga Indonesia di Kanada memperingati HUT Kemerdekaan RI. Hal ini seolah menjadi “kado istimewa” Pemerintah Kanada bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tengah merayakan HUT Kemerdekaan.

Seremoni pergantian pasukan jaga yang dilakukan oleh Canadian Armed Forces ini melibatkan sekitar 116 tentara yang terdiri dari masing-masing 54 pasukan penjaga baru dan lama serta pemain musik sejumlah 8 orang.

Seremoni ini memiliki daya tarik khusus karena kekompakan The Canadian Armed Forces Ceremonial Guard dalam melakukan berbagai atraksi baris berbaris yang menawan serta dipadukan dengan permainan alat musik para pasukan berseragam merah dengan topi bearskin.

Seusai seremonial ini selesai, para pengunjung diperkenankan untuk berfoto dengan para anggota pasukan. Para pasukan jaga tampak dengan ramah melayani permintaan foto bersama dan selfie dari para pengunjung.

Kehadiran Duta Besar RI, warga Indonesia dan staf Kedutaan Besar RI di Ottawa di seremoni Changing of the Guard menjadi rangkaian penutup peringatan HUT RI ke-71 setelah di pagi harinya, tepat pukul 8 pagi, telah dilaksanakan upacara HUT Kemerdekaan Indonesia.

Upacara yang dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah berlangsung khidmat. Partisipasi sekitar 150 peserta upacara yang terdiri atas warga masyarakat dan diaspora Indonesia di kota Ottawa dan Montreal, menambah hangat suasana kebersamaan.

Dalam sambutannya, Duta Besar Teuku Faizasyah menyatakan bahwa Indonesia memiliki kecukupan modal untuk menjadi bangsa yang semakin diperhitungkan di dunia.

Modal tersebut diantaranya, demokrasi, pluralism, luas wilayah  dan sumber daya alam berlimpah, serta komposisi demografi dengan rata-rata usia penduduk di tahun 2016 adalah 28,6 tahun.

Modalitas tersebut akan difokuskan Pemerintah untuk mewujudkan tiga langkah terobosan pembangunan nasional, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2016, yakni (i) percepatan infrastruktur, (ii) penyiapan kapasitas produktif dan SDM, dan (iii) delegulasi dan debirokratisasi.

Sejalan dengan tema sentral HUT Kemerdekaan Indonesia ke-71, “Indonesia Kerja Nyata”, Duta Besar Teuku Faizasyah meminta perwakilan RI di Kanada terus giat bekerja menghasilkan karya nyata, dan berperan aktif dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional.

Warga Negara Indonesia di perantauan juga dihimbau untuk terus mendorong peningkatan kapasitas generasi muda guna menyiapkan generasi motor penggerak kemajuan Indonesia yang akan melanjutkan tongkat estafet untuk mengisi cita-cita kemerdekaan sebagaimana dituangkan dalam Mukadimah UUD 1945.

Ottawa, 17 Agustus 2016