Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Kunjungan Apparel Textile Sourcing Canada di Toronto, 22-23 Agustus 2016

Apparel Textile Sourcing Canada adalah pameran dagang apparel pertama dan satu-satunya di Kanada yang menghubungkan buyer dengan produsen pakaian, tekstil dan aksesoris fashion dari manca negara, yang diselenggarakan di The International Centre pada tanggal 22-24 agustus 2016 di Toronto, Kanada. Atase Perdagangan bersama Wakil Kepala Perwakilan KBRI Ottawa melakukan kunjungan kerja pada pameran dimaksud untuk mempelajari dan mendapatkan informasi terkait berbagai varian produk apparel, potensi dan penetrasi produk apparel di pasar Kanada sekaligus mempelajari kekuatan kompetisi pemasaran produk apparel di Kanada dalam rangka meningkatkan ekspor produk apparel Indonesia ke Kanada.

Pada pameran perdana Apparel Textile Sourcing Canada, menampilkan sekitar 200 exhibitors yang berasal dari 13 (tiga belas) negara, dengan jumlah pengunjung sekitar 4000 orang. Produk-produk apparel dan tekstil yang dipamerkan didominasi oleh produk-produk yang berasal dari Negara China, Taiwan, India, Bangladesh, Meksiko, Honduras, Peru dan Amerika Serikat.

Varian produk yang dipamerkan terbagi dalam tiga bagian, yaitu: 1) Kategori apparel (untuk pria, wanita dan anak-anak); 2) Kategori textiles: perlengkapan rumah tangga, seperti gorden, set tempat tidur (sarung bantal, sprei ; 3) Kategori accessories (untuk pria, wanita dan anak-anak): seperti topi, sarung tangan, sabuk, kaos kaki dan lain-lain.

Produk-Produk apparel yang berasal dari China sangat mendominasi pameran dimaksud, yang pada umumnya diekspor ke Kanada, Amerika Serikat, Uni Eropa , Filipina, Jepang dan Australia.

Berdasarkan penelitian dari Trade Facilitation Office (TFO) Canada, pasar apparel Kanada menawarkan banyak kesempatan untuk meraih pangsa pasar. Tuntutan pasar mengharuskan para pelaku usaha di sector apparel untuk meningkatkan kreatifitas produknya dalam rangka memenuhi permintaan pasar. Sebagian retailer dan produsen memfokuskan diri memproduksi untuk memenuhi kebutuhan pakaian kaum muda Kanada yang menunjukan kenaikan permintaan pada sector dimaksud, namun dengan angka jumlah penduduk tua yang cukup banyak di Kanada, pakaian-pakaian yang fashionable bagi generasi tua yang aktif juga dibutuhkan di pasar Kanada.

Berdasarkan data Statistic Canada, secara umum data impor Kanada terkait produk textiles dan textile articles (tahun 2015) dari berbagai Negara, menunjukan Indonesia menempati urutan ke-8 (kedelapan) dari 10 negara yang merupakan eksportir terbesar produk dimaksud dengan nilai ekspor sejumlah USD 294,612. Urutan pertama, kedua dan ketiga masing-masing ditempati China (USD 4,972,942), Amerika Serikat (USD 2,333,523) dan Bangladesh (USD 1,100,774).

Mengingat bahwa Apparel Textile Sourcing Canada merupakan kegiatan perdana pameran apparel textile di Kanada dan dianggap sebagai pameran yang berperan strategis dalam mengenal produk-produk apparel manca Negara dan peluang pasar di Kanada, pameran dimaksud banyak mendapat kunjungan dari beberapa tokoh public dan bisnis antara lain Mr. Victor Oh, Senator Ontario juga Co-Chair Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group, dan Mr. Steve Chapman, Executive Director TFO Canada.

Berdasarkan hasil penelitian dari the Conference Board of Canada (CBOC) bahwa produk apparel textile Indonesia merupakan salah satu dari tiga produk Indonesia lainnya (kopi dan footwear) yang dinilai merupakan produk potensial yang dapat meningkat secra siginifikan dalam waktu yang cepat di pasar Kanada. Dalam rangka mempromosikan produk-produk apparel textile Indonesia, perlu dipertimbangkan untuk keikutsertaan para pelaku usaha Indonesia sebagai exhibitor dalam Apparel Textile Sourcing Canada tahun depan.