Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Atase Perdagangan KBRI Ottawa Menghadiri Raker Kemendag 2017 di Jakarta

Rapat Kerja (Raker) Kementerian Perdagangan diadakan pada tanggal 20 sampai dengan 22 Februari 2017 di Jakarta dengan mengambil tema: Tata Ulang Perdagangan Dengan Paradigma Baru.

Kegiatan diawali dengan pra-Raker tanggal 20 Februari 2017 dengan menghadirkan beberapa narasumber antara lain: Mochtar Riady (Lippo group), Rosan Perkasa Roeslani (kadin), Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulsel).

Pada tanggal 21 Februari 2017, seluruh peserta Raker yang terdiri dari pejabat Eselon 1, 2, 3 Kemendag, para Atase Perdagangan/ITPC dan seluruh Kepala Dinas Perdagangan seluruh Indonesia menemui Bapak Presiden di Istana Negara untuk menerima arahan. Raker tanggal 21 Februari menghadirkan beberapa pembicara yang kebanyakan berasal dari kalangan birokrasi antara lain Darmin Nasution (Menko Perekonomian), Andi Amran Sulaiman  (Mentan), Tjahjo Kumolo (Mendagri). Pada hari terakhir Raker, tanggal 22 Februari 2017 tampil sebagai pembicara antara lain Menteri Luar Negeri, Kepala BKPM, Menteri Koperasi dan Menteri BUMN

Tujuan Rapat Kerja Kemendag kali ini adalah untuk mempererat kerjasama, koordinasi dan sinergi antara Kementerian Perdagangan dan Pemerintah daerah dengan seluruh Perwakilan RI di Luar Negeri dan dengan pelaku usaha dan Akademisi serta dengan seluruh Kementerian/ lembaga, selain itu untuk memantapkan pelaksanaan program kerja tahun 2017 dan sebagai bahan masukan rencana kerja tahun 2018.

Sesuai tema Raker Kemendag 2017 yaitu membahas penataan sistem perdagangan yang lebih efektif yang antara lain mencakup sistem distribusi,  Sarana dan Prasarana perdagangan serta pengawasan barang maupun legalitas perusahaan. Raker juga membahas upaya peningkatan mutu keragaman maupun kesinambungan pasokan produk sehingga mampu berdaya saing guna memenuhi permintaan Domestik sekaligus meningkatkan ekspor. Selain Raker Kemendag, terdapat rangkaian kegiatan Raker lainnya seperti kunjungan kerja ke Makassar tanggal 23 – 25 Februari 2017 untuk bertemu dengan Gubernur Sulsel dalam rangka mempromosikan produk-produk unggulan Sulsel ke Pasar Global. Selain itu juga dilakukan kunjungan kerja ke Riau pada tanggal 27 – 28 Februari 2017 dalam rangka Forum Group Discussion (FGD) terkait produk sawit dan field trip ke perkebunan sawit.