Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

KBRI Ottawa Menjadi Tuan Rumah The 3rd Annual Table Tennis Friendship Cup

KBRI Ottawa menjadi tuan rumah The 3rd Annual Table Tennis Friendship Cup, diselenggarakan pada 1 April 2017 di Ruang Caraka KBRI Ottawa.

Table Tennis Friendship Cup merupakan kegiatan pertandingan persahabatan tenis meja yang diinisiasi oleh 5 (lima) Perwakilan Diplomatik di Ottawa sejak tahun 2015, yaitu Kedutaan Besar Indonesia, Kazakhstan, Mongolia, Rusia, dan Tiongkok. Friendship Cup pertama kali diselenggarakan di Kedutaan Besar Tiongkok pada bulan Maret 2015, dan yang kedua oleh Kedutaan Besar Rusia pada bulan Oktober 2015.

Friendship Cup ketiga ini dimeriahkan oleh satu peserta baru yaitu dari Kedutaan Besar Korea Selatan.

Pertandingan dibuka oleh Duta Besar RI dan dihadiri oleh seluruh Duta Besar dari tiap-tiap negara peserta. Tak hanya itu, Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen Kanada, Robert D. Nault, yang juga seorang pemain tenis meja pun ikut hadir dalam pembukaan. Bahkan sebelum pertandingan, mereka telah asyik bermain tenis meja secara bergantian.

Pertandingan menggunakan mekanisme round robins, di mana tiap perwakilan satu negara berhadapan dengan setiap negara peserta. Setiap perwakilan mengikutsertakan maksimal 4 (empat) pemain yang terdiri dari diplomat, pegawai setempat, atau anggota keluarga, untuk kategori male single, female single, dan mixed double. Negara dengan perolehan poin terbanyak ditunjuk sebagai pemenang.

Sayangnya tidak banyak pemain perempuan yang bertanding pada Friednship Cup. Hanya Tiongkok dan Mongolia saja yang memajukan pemain perempuan.

Friendship Cup kali ini dimenangkan oleh Tiongkok. Sementara itu, tim KBRI Ottawa meraih juara kedua.

Setelah pertandingan berakhir, KBRI Ottawa menjamu para pemain yang juga dihadiri oleh Duta Besar negara peserta dan beberapa Duta Besar dari negara ASEAN. Hadir pula Ketua Asosiasi Diplomat di Ottawa (Ottawa Diplomatic Association), yaitu Duta Besar Arab Saudi, dan Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen Kanada. Para hadirin disuguhi berbagai masakan khas Indonesia seperti Nasi Goreng, Siomay, Sate, dan Bakso, serta jajanan pasar. Sambil menikmati lezatnya makanan khas Indonesia, mereka pun dapat tampil di panggung untuk bernyanyi dan unjuk kebolehan bermain musik.