Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Ketika KBRI Ottawa Promosi Wisata di Pusat Lansia Kanada

KBRI Ottawa promosi pariwisata di rumah lansia Kanada (dok KBRI Ottawa)

Ottawa - Strategi promosi pariwisata Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa menyasar segmen baru. Bukan lagi anak muda, tapi para orang lanjut usia.

Lewat press release yang diterima detikTravel dari KBRI Ottawa, Jumat (26/5/2017) perwakilan Indonesia di Ibukota Kanada itu mempresentasikan keindahan Indonesia kepada para lansia di Good Companions Senior’s Center pada Rabu lalu (24/5).

Selama sekitar satu jam, lebih dari 70 lansia menikmati film-film yang menceritakan keindahan pariwisata, tarian dan jajanan tradisional Indonesia.

Wajah-wajah sepuh itu tampak ceria ketika diajak bersama-sama melenggokkan tangan dan melentikkan jari menarikan Tortor. Meskipun sebagian besar melakukannya sambil duduk di atas kursi masing, senyum mereka terus mengembang. Tak henti-hentinya mereka memuji kelezatan dadar gulung dan kue lumpur yang disajikan Tim KBRI.

Sebagian di antara para lansia mengaku pernah berkunjung ke Indonesia, sekitar 15 atau 20 tahun silam. Deborah, nenek 85 tahun dengan 5 cucu, secara khusus menyampaikan kepada Wakil Duta Besar, Ibu Suwarni Wirta.

“Bali sangat cantik, I love it,” ujar Deborah.

Kepada para lansia, Duta Besar Indonesia untuk Kanada Dr Teuku Faizasyah menyatakan bahwa kegiatan KBRI Ottawa di Good Companions ini adalah untuk memperingati bulan lansia di Indonesia.

“Dalam kesempatan yang istimewa ini, kami ingin berbagi kebahagian bersama para lansia seraya mengapresiasi sumbangsih yang telah diberikan,” kata Dubes Faizasyah.

Bagi Good Companions, kegiatan KBRI ini adalah kunjungan pertama perwakilan asing ke lembaga itu sejak didirikan pada 1955.

“Seingat saya ini kali pertama ada kedutaan asing menemui para lansia di Ottawa dan sekitarnya. Terima kasih banyak,” kata Direktur Eksekutif Good Companions, Monique Romas.

Dengan total penduduk sekitar 35,6 juta jiwa, jumlah lansia (umur di atas 65 tahun) di Kanada mencapai 5,7 juta jiwa dengan pertumbuhan hingga 3,5% per tahun.

Para lansia di Kanada menikmati pensiun dan berbagai fasilitas dari pemerintah, sehingga memiliki kecukupan dana untuk berwisata. Selain itu, para lansia juga memiliki peran strategis untuk lebih menyebarkan informasi pariwisata.

“Diharapkan para lansia nanti akan menceritakan keindahan Indonesia kepada anak-anak dan cucu-cucu mereka,” pungkas Faizasyah.¬†(krn/rdy)

Sumber: Detik Travel