Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Promosi Indonesia di Kanada melalui Konser Gamelan Bali oleh Kelompok Giri Kedaton

Montreal, 29 April 2017 – Pada tanggal 29 April 2017, Kelompok Giri Kedaton telah menampilkan Konser Gamelan dan Tari Bali di Fakultas Musik, Universite de Montreal, Montreal, Kanada.  Konser ini didukung 54 artis yang terdiri dari 51 pemain gamelan dan pemusik serta 3 orang penari.

Acara yang ditampilkan dalam konser dan tari tersebut adalah: Petit Jardins-Dehautes herbes (gamelan), Tari Tenun, Petit Jardins-De slogans (gamelan), Tari Topeng Tua, Petits Jardins-De briques (gamelan), Bebonangan (gamelan), Petits Jardins-D’herbes hautes (gamelan), Ngedes Lemah (gamelan) dikombinasikan dengan permainan angklung, Sasih Kapan (gamelan), Kosalia Arini (gamelan), Tari Belibis, dan Tari Kecak.

Konser Gamelan dan Tari Bali yang berlangsung di aula  Claude –Champagne, Fakultas Musik, Universite de Montreal berhasil menghibur para penonton yang memenuhi aula pertunjukan.  Diperkirakan sekitar 400 penonton hadir menyaksikan acara konser dan tari Bali tersebut.

Giri Kedaton merupakan kelompok Gamelan Bali, yang dibentuk pada tahun 1994, dipelopori oleh Sylvain Mathieu, dosen Fakultas Musik, Universite de Montreal.  Saat ini Kelompok Giri Kedaton dipimpin oleh Pierre Pare-Blais dan beranggotakan para dosen, mahasiswa dan seniman yang berdomisili di kota Montreal.

Kelompok Giri Kedaton telah tumbuh sebagai kelompok musik profesional yang tampil pada berbagai event lokal di Montreal.  Giri Kedaton juga aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan promosi Indonesia, seperti:  Peresmian Kantor Kepentingan Indonesia pada ICAO (Montreal, Februari 2012) dan Resepsi Diplomatik dalam rangka mendukung Pencalonan RI pada Dewan ICAO (Montreal, September 2013).

Konser Giri Kedaton yang diselenggarakan setiap tahunnya merupakan salah satu bentuk promosi budaya Indonesia di Kanada. Setelah pertunjukan konser, para penonton konser mendapatkan kesempatan untuk naik ke atas panggung guna mengenal lebih dekat satu persatu instrumen Gamelan Bali dan cara memainkannya.  Disamping penampilan kelompok Giri Kedaton, konser Gamelan Bali tersebut juga merupakan bagian dari ujian para mahasiswa jurusan musik ”Atelier et Ensemble” Gamelan Bali, dimana para mahasiswa dibagi ke dalam 2 kelompok, yang masing-masing berkolaborasi dengan tim inti Giri Kedaton. Kegiatan konser Gamelan Bali semakin meriah dengan adanya dosen tamu, I Dewa Made Suparta (Sumber: KBRI Ottawa).