Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Pertemuan Atase Perdagangan KBRI Ottawa dengan Sejumlah Para Pelaku Usaha (Importir) Kanada dalam Rangka Mempromosikan Produk-Produk Indonesia tanggal 29-30 November 2017 di Montreal

Atase Perdagangan KBRI Ottawa, Christhophorus Barutu, melakukan pertemuan dengan beberapa perusahaan importir Kanada yang bergerak di bidang impor makanan (Les Aliments Midlon Foods Inc dan Terfloth Inc), rempah-rempah (MCHEF Herbs and Spices) dan perhiasan (Nobia Inc) dalam rangka memperkenalkan produk-produk Indonesia sebagai upaya memperbesar peluang penetrasi pasar produk-produk Indonesia di pasar Kanada.

Perusahaan Les Aliments Midlon Foods Inc mulai menjalankan bisnis makanan sekitar tahun 1980. Perusahaan dimaksud memasarkan terutama makanan-makananĀ  seperti biscuit cokelat dan non cokelat, cokelat, selai roti, permen dan cookies ham. Sebagian besar produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan dimaksud diimpor dariĀ  Belgia, Argentina dan Spanyol dan dipasarkan ke seluruh wilayah Kanada. Dalam rangka pemasaran produk, Perusahaan dimaksud bekerjasama dengan sejumlah Supermarket seperti Walmart dan Loblaws.

Terfloth Inc adalah suatu perusahaan importir dan pemasok bahan makanan organic dan non-organik yang pada umumnya dalam bentuk makanan kaleng, beku dan padat. Terfloth Inc memasarkan produknya ke distributor-distributor makanan, supermarket dan food service provider seluruh Kanada. Perusahaan Terfloth dalam bisnisnya berpedoman pada standar BRC, ISO, HACCP, ECOCERT dan MSC.

Beberapa jenis produk makanan yang diimpor oleh Terfloth Inc yaitu: dalam bentuk hasil laut kaleng untuk tuna, mackerel, sardine, salted fish, lobster yang sebagian besar diimpor dari China dan Vietnam. Untuk buah-buahan kaleng produk nenas sebagian besar diimpor dari Vietnam sedangkan jagung kaleng sebagian besar diimpor dari Thailand.

MChef Herbs and Spice adalah perusahaan importir produk-produk herbs and spice untuk digunakan pada masakan, kue-kue dan cocktail. Perusahaan ini didirikan oleh Marie Dominique Rail yang merupakan lulusan Chef of ITHQ Culinary School di Montreal. Marie Dominique pernah bekerja sebagai seorang Chef di suatu grosir makanan dan retail makanan sejak tahun 1997. Ketertarikan yang bersangkutan terhadap dunia kuliner mendrorongnya untuk mendirikan perusahaan MCHEF sekaligus mempromosikan bahan-bahan herbs and spice blends yang bersifat allergens free.

MCHEF mengimpor premium herbs, grains dan spices dari seluruh dunia. Pengolahan produk-produk herbs, grains dan spices yang diimpor dilakukan secara ketat di montreal untuk menjamin kualitas produk sebelum dipasarkan ke konsumen.

Nobia Inc adalah perusahaan importir produk-produk baju, celana fashion, gift, asesories wanita dan perhiasan (jewelry). Khusus untuk produk jewelry, Nobia Inc mengimpor produk-produk dari bahan silver terutama dari India dan China dengan daerah pemasaran ke beberapa wilayah di Kanada dan melakukan ekspor produk perhiasan ke Amerika Serikat

Produk-produk perhiasan yang dipasarkan di pasar Kanada dapat ditemukan di supermarket seperti walmart dan di beberapa perusahaan retail perhiasan di Kanada. Sebagian besar produk jewelry silver Nobia Inc berupa kalung silver, namun sebagian lagi berupa gelang silver dan hair clip silver.

====