Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2018 : Optimalisasi Perdagangan Pada Era Ekonomi Digital

Rapat kerja Kementerian Perdagangan tahun 2018 mengambil tema “Akselerasi Perdagangan di Era Ekonomi Digital”, berlangsung tgl 31 Januari – 2 Februari 2018 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta. Raker dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 31 Januari 2018 pagi di istana Merdeka.

Rapat kerja dihadiri oleh kurang lebih 300 orang terdiri dari pejabat eselon I, II dan III Kemendag, para perwakilan Perdagangan Luar Negeri (Duta Besar WTO, Atase Perdagangan dan Konsul Perdagangan, Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia-KDEI) serta Indonesia Trade Promotion Center-ITPC, Kepala Dinas Provinsi yang membidangi Perdagangan di seluruh Indonesia serta pelaku usaha.

Dalam penyampaian laporan kinerja Perdagangan nasional 2017, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan bahwa Kementerian Perdagangan menyelaraskan 3 mandat Presiden di bidang Perdagangan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Ketiga mandat tersebut adalah menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok dan barang penting serta mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri, meningkatkan ekspor dan menjaga neraca Perdagangan, serta  membangun dan merevitalisasi pasar rakyat.

Kementerian Perdagangan dalam upaya optimalisasi Perdagangan melalui digitalisasi yaitu membangun basis data yang akurat dalam distribusi dan rantai pasok dan mendorong pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang dapat menghubungkan petani dengan pedagang.

Presiden Joko Widodo dalam pembukaan raker Kemendag menyampaikan pesan bahwa pertumbuhan ekonomi kuncinya hanya 2 yaitu meningkatkan investasi dan meningkatkan ekspor.

Dalam ruang lingkup ASEAN, Indonesia menduduki peringkat 4 dalam hal nilai ekspor terbesar setelah Thailand, Malaysia, Vietnam.

Untuk memperbesar nilai ekspor Indonesia perlu melihat peluang di negara-negara non tradisional, seperti Pakistan, Bangladesh dan pasar- pasar Afrika, di samping  berpartisipasi dalam pameran-pameran dagang yang strategis di berbagai negara untuk mempromosikan produk Indonesia dengan melibatkan jumlah eksebitor yang signifikan dan sebagainya.

Perlu melakukan terobosan baru untuk meningkatkan ekspor dan menghindari langkah-langkah monoton dan perlu melakukan evaluasi dari langkah-langkah yang telah diambil untuk menemukan gagasan-gagasan baru agar Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Rapat Kerja Kemendag 2018 dihadiri oleh Atase Perdagangan KBRI Ottawa, Christhophorus Barutu. (c.barutu ed)