Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Duta Besar RI Dorong Peran WNI dalam Meningkatkan Citra Indonesia di Provinsi New Brunswick, Kanada

MONCTON, NB -  Sebanyak 15 dari 56  WNI yang bermukim di Provinsi New Brunswick bertemu Duta Besar RI, Dr. Teuku Faizasyah dan Ibu Andis Faizasyah serta Sdri. Dinie Arief, Sekretaris Kedua (diplomat muda di KBRI Ottawa) di Moncton, New Brunswick pada 22 Maret 2018.

Duta Besar RI menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang datang memenuhi undangan, meskipun  badai salju besar sedang menghantam provinsi tersebut.

Kota Moncton adalah salah satu kota bisnis di Provinsi New Brunswick, Kanada dan merupakan kota dengan konsentrasi WNI terbanyak.

Meski jumlahnya masih terbatas, masyarakat Indonesia di New Brunswick aktif mengikuti berbagai kegiatan kebudayaan tahunan dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Kanada di provinsi tersebut. Setiap tahun kota Moncton, New Brunswick, menjadi “base camp” bertemunya masyarakat Indonesia yang tinggal di Provinsi Nova Scotia dan Provinsi Prince Edward Island.

“Tiap tahun, sekitar bulan Mei-Juli, kami berkumpul dan menikmati musim panas bersama. Selain itu kita turut aktif mempromosikan budaya Indonesia pada acara Cultural Expressions Festival di Fredericton, ibu kota Provinsi New Brunswick” kata Arlin Gurnadi yg sudah lebih dari 5 tahun tinggal di Moncton, NB.

Duta Besar RI menyampaikan apresiasi atas inisiatif yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di New Brunswick untuk terus menjaga tali silaturahmi dan aktif dalam mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Kanada. Dubes Faizasyah juga menegaskan bahwa setiap WNI dimanapun berada adalah “duta“ Indonesia, dan untuk itu diharapkan dapat senantiasa menampilkan citra positif yang mengakar pada nilai-nilai budaya Indonesia.

“Kami senang sekali bertemu dengan Duta Besar RI beserta Ibu Andis Faizasyah, selain bisa ‘ngobrol’, kami menerima banyak informasi baru dan  dapat konsultasi langsung mengenai berbagai isu kekonsuleran” kata Shinta Johanna yang tinggal di kota Saint John, NB.

Selain tatap muka dengan masyarakat, acara silaturahmi juga sekaligus dimanfaatkan untuk mensosialisasikan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (Kartu Diaspora), Sistem Informasi Managemen Keimigrasian (SIMKIM), dan persiapan Pemilu 2019. (d.arief ed)