Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Dua Desainer Indonesia Pamerkan Koleksi Fashion Indonesia Di Kanada

Ada yang menarik pada pagelaran Fashion Show Arc En Ciel Interfashion 2018 yang diselenggarakan di The Crown Plaza Hotel, Gatineau, Kanada tanggal 28 April 2018 yang lalu. Di antara berbagai koleksi busana dari perancang asal negara dunia lainnya seperti Aljazair, Ghana, India, para model juga memperagakan berbagai busana Indonesia yakni kebaya wanita dan gaun ready to wear dengan corak batik Indonesia di atas panggung peragaan mode tersebut.

Melalui lini busana Kebaya Lence, Leny McDonnell, WNI yang saat ini bermukim di London, Inggris, memperkenalkan kecantikan kebaya Indonesia dari berbagai propinsi di Indonesia yang kaya akan detail antara lain melalui penggunaan bordir, payet dan songket. Sementara dibawah lini busana La�� Azarine, Entin Gartini memperlihatkan kekayaan batik Indonesia dengan corak modern melalui koleksi busana siap pakai (ready to wear). Entin Gartini merupakan WNI di Quebec City, Kanada yang berupaya untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan kreativitas fashion Indonesia, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Kanada. Pameran karya fashion kedua desainer tersebut mendapatkan sambutan yang hangat dari para tamu dan pengunjung yang hadir.

Kedua desainer asal Indonesia tersebut sebelumnya telah berpartisipasi pada pagelaran Arc En Ciel Interfashion di Kanada pada tahun 2017. Prestasi ini menunjukkan bahwa karya fashion rancangan keduanya mendapatkan apresiasi dari kalangan penggemar mode dan masyarakat umum Kanada. Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah yang hadir pada acara pagelaran, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar melalui koleksi fashion yang dipamerkan oleh kedua desainer Indonesia tersebut, masyarakat dan kalangan pencinta mode Kanada dapat semakin mengenal industri fashion Indonesia dan kreativitas yang dimiliki oleh para desainer asal Indonesia.

Selain melalui pameran busana oleh kedua desainer tersebut, Indonesia juga berkesempatan untuk memperlihatkan budaya Indonesia melalui pertunjukan tari Topeng Bali yang dibawakan oleh penari Indonesia Eko Nurcahyo.

Arc En Ciel Interfashion 2018 diselenggarakan atas kerja sama lembaga the Pan AfriKan Coalition of Canada dan the Indonesian Orphan Care Network Canada (IOCN) yang kali ini bertujuan untuk melakukan penggalangan dana untuk pembangunan sebuah sekolah di selatan Sierra Leone. The Indonesian Orphan Care Network Canada merupakan lembaga non-profit yang didirikan oleh WNI di Kanada, Kerry Karyawati.

(a.pangestu)