Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Penguatan Kerja Sama Parlementer Indonesia-Kanada melalui Pemilihan Eksekutif Komite CIPFG 2018-2019

Dalam rangka penguatan kerja sama hubungan bilateral Indonesia dengan Kanada, utamanya antar parlemen kedua negara, Duta Besar RI dan Sekretaris Kedua Ekonomi telah menghadiri pertemuan Annual General Meeting Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group (AGM CIPFG) pada tanggal 25 April 2018 di Gedung Parlemen Kanada. Pertemuan AGM CIPFG bertujuan untuk melakukan pemilihan dan penetapan Komite Eksekutif CIPFG periode 2018-2019.

Pertemuan telah berhasil menetapkan 5 (lima) anggota baru Komite Eksekutif CIPFG. Kelima anggota baru tersebut adalah MP Alice Wong dari Partai Konservatif Kanada sebagai Co-Chair dari House of Commons menggantikan MP Deepak Obhrai dan 4 Vice-Chairs yaitu Senator Salma Ataullahjan dan Senator Yonah Martin mewakili Senat dan MP Randall Garrison dan MP Michael Cooper sebagai wakil dari House of Commons. Senator Salma Attaullahjan, Senator Yonah Martin dan MP Michael Cooper merupakan anggota Partai Konservatif Kanada sementara MP Randall Garrison merupakan wakil dari Partai NDP. Sementara Senator Victor Oh tetap menjabat sebagai Co-Chair dari Senat.

Duta Besar RI Dr. Teuku Faizasyah menyampaikan bahwa CIPFG telah berperan secara efektif dalam mendekatkan hubungan Parlemen Kanada dan Indonesia sebagai upaya meningkatkan kerja sama di antara kedua lembaga tersebut dalam berbagai bidang dan isu. CIPFG juga telah membantu memberikan pemahaman yang lebih me

ndalam kepada Parlemen Kanada mengenai Indonesia dan diharapkan hubungan antara kedua lembaga akan semakin erat di masa yang akan datang.

Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group (CIPFG) merupakan perkumpulan anggota Parlemen Kanada, baik dari Senat maupun House of Commons, yang memiliki ketertarikan khusus terhadap Indonesia. Pada periode 2016-2017, CIPFG beranggotakan 21 orang yang terdiri dari 9 Member of Parliament (MP) dan 12 Senator. (a.pangestu ed)