Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Ekspor Perdana Kopi PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) ke Kanada

Pada tanggal 13 September 2018, telah dilaksanakan kegiatan pelepasan ekspor perdana komoditas kopi (green bean) sebanyak 19.200 kg dengan tujuan Kanada yang dilaksanakan di kebun Kertamanah PTPN VIII. Acara pelepasan ekspor perdana dimaksud dihadiri oleh :

1. Dewan Komisaris PTPN VIII,

2.  Dewan Direksi PTPN VIII;

3. Kepala Dinas Perkebunan,

4.  General Manager;

5. Administrasi Wilayah Pangalengan (IPDP) dan Administratur Kebun Rancabali, Dayeuh Manggung dan Gunung Mas; dan

6. Karyawan dan Karyawati kebun Kertamanah PTPN VIII

Ekspor perdana kopi PTPN VIII ke pasar Kanada merupakan langkah awal yang baik mengingat persaingan bisnis kopi yang ketat di pasar Kanada. Merujuk data tahun 2017 (Statistics Canada), Indonesia menduduki peringkat ke-9 dari 10 negara pengekspor terbesar komoditas kopi (HS 0901) ke Kanada dengan nilai ekspor sebesar USD 34,5 Juta. Peringkat 1 sampai 3 berturut-turut dipegang oleh Amerika Serikat, Kolombia dan Brazil.

Keberhasilan produk kopi PTPN VIII menembus pasar Kanada tidak terlepas dari hasil kerja sama antara KBRI Ottawa dengan PTPN VIII dalam rangka meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia ke manca negara, Pada tanggal 30-31 Juli dan 1-2 Agustus 2018, Dubes RI Kanada menugaskan Atase Perdagangan KBRI Ottawa untuk memfasilitasi misi PTPN VIII di Kanada dalam rangkaian Indonesian Festival 2018. Executive Vice President dan dua orang pejabat PTPN VIII didampingi oleh Atase Perdagangan KBRI Ottawa, melakukan kegiatan business matching produk teh dan kopi di dua kota yaitu tanggal 30-31 Juli 2018 di Montreal dan tanggal 1-2 Agustus 2018 di Toronto (dihadiri juga oleh pejabat dari Fungsi Ekonomi KJRI Toronto). Kegiatan business matching tersebut telah menghasilkan kesepakatan importasi oleh beberapa Perusahaan Kanada terhadap produk-produk PTPN VIII (kopi dan teh).

Untuk realisasi pengiriman ekspor teh PTPN VIII ke pasar Kanada sebagai hasil kesepakatan dengan sejumlah perusahaan Kanada dalam business matching yang lalu, akan dilakukan dalam waktu dekat.  Semoga nilai ekspor Indonesia akan terus semakin meningkat. (c.barutu ed)